Rabu, 19 September 2012

23rd INTERNATIONAL BIOLOGY OLYMPIAD (IBO) Singapore 2012




IBO ke 23 tahun 2012 telah diselenggarakan di Singapura. Tim IBO Indonesia diwakili oleh :

Lindy Mawardhani Dharmawan, siswa kelas 12 SMAN Unggulan M.H. Thamrin, Jakarta Timur. Pada saat OSP 2011, Lindy meraih nilai tertinggi di DKI Jakarta dan mendapatkan medali perak saat OSN 2011.

Assifa Nur Hisana, siswi kelas 12 SMAN 1 Depok, Jawa Barat. Pada OSP 2011, Assifa meraih angka tertinggi kedua di Jawa Barat dan mendapatkan medali perak saat OSN 2011.
Kezia Stevanie Tanfriana, siswa kelas 11 SMAK BPK Penabur Gading Serpong, Banten. Saat OSP 2011, Kezia meraih nilai tertinggi ketiga di Banten dan meraih medali perak saat OSN 2011.
Rhogerry Deshycka, siswa kelas 11 SMA Pribadi Bandung. Saat OSP 2011, Rhogerry meraih nilai tertinggi di Jawa Barat dan mendapatkan medali emas saat OSN 2011.


IBO Singapura dimulai pada tanggal 9 July 2012 dibuka oleh Presiden Singapura Dr. Tony Tan Keng Yam. IBO Singapura diikuti oleh 236 peserta yang berasal dari 59 negara.

Tim didampingi oleh Dr. Agus Dana Permana, Dr. Ramadhani Eka Putra, Putri Dwi Utari, M.Si., dan Fenryco Pratama, S.Si (SITH ITB), Dr. Sucipto Hariyanto (Biologi UNAIR), dan Bp. Sulaksono dari KEMENDIKNAS. Tugas utama dari Tim Pendamping adalah menerjemahkan soal ke dalam bahasa Indonesia pada tanggal 9 Juli (untuk soal praktikum) dan 11 Juli (untuk soal teori) serta pemeriksaan hasil perhitungan nilai praktikum dan teori pada tanggal 13 dan 14 Juli 2012.

Pada ajang IBO Singapura, Tim Indonesia berhasil mendapatkan 3 medali perak atas nama Lindy Mawardhani Dharmawan (peringkat 27 dunia), Rhogerry Deshycka (peringkat 42 dunia), Kezia Stevanie Tanfriana (peringkat 68 dunia), serta satu medali perunggu atas nama Assifa Nur Hisana (peringkat 83 dunia).

Hasil ini melanjutkan tradisi medali yang diraih oleh seluruh wakil Indonesia sejak awal keikutsertaan Indonesia di IBO pada tahun 2000 dan lebih baik dari hasil tahun kemarin yang mendapatkan 2 perak dan 2 perunggu.

IBO Singapura resmi ditutup pada tanggal 14 Juli 2012 oleh Chan Lai Fung dari Kementrian Pendidikan Singapura.

IBO selanjutnya akan diselenggarakan di Bern, Swiss pada bulan Juli 2013, dan pada acara coordinator meeting di Singapura, Indonesia mengajukan diri sebagai tuan rumah IBO untuk tahun 2020 yang menjadi bahan pertimbangan bagi tim koordinator IBO sebelum diputuskan di Bern, Swiss. Tim akan berangkat kembali ke Indonesia pada hari Minggu, 15/7/2012 dan tiba di hari yang sama.

Kami sebagai koordinator tim IBO Indonesia mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya atas perhatian serta dukungan dari semua pihak seperti Pemerintah Republik Indonesia, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional, Direktorat Pendidikan Menengah, tim Pembina dan asisten TOBI, pihak sekolah, keluarga dan masyarakat luas selama proses pembinaan dan perlombaan. Kami harap dukungan terus diberikan kepada tim IBO Indonesia untuk mengukir prestasi dunia, menunjukkan kualitas siswa Indonesia, dan memberikan mimpi bagi siswa-siswa menengah Indonesia sehingga diharapkan akan menumbuhkan budaya kompetisi yang sehat dan rasa ingin tahu yang menjadi dasar dari masyarakat modern. Kami harap Indonesia dapat mengukir prestasi yang lebih baik pada IBO Bern, Swiss pada tahun 2013 mendatang.

Jakarta, 15 Juli 2012

Koordinator Tim IBO Indonesia

Dr. Agus Dana Permana

e-mail : agus[at]sith.itb.ac.id

sumber
http://tobi.or.id/


Artikel Terkait:

Read more at http://lenterablogger.blogspot.com/2012/05/cara-buat-artikel-terkait-scroll-bar.html#O8DI5OjM5JsWXsFK.99

Tidak ada komentar:

Posting Komentar