Rabu, 19 September 2012



Dari Wikipedia Bahasa indonesia, ensiklopedia bebas

Mandrgora atau lazim di sebut Mandrake adalah nama umum untuk anggota tanaman genus mandragora milik keluarga Nightshades (Solanaceae). Karena mandrake yang mengandung alkaloid deliriant tropane halusinogen seperti atropin, skopolamin, apoatropine, hiosiamin dan akar kadang-kadang berisi bifurcations menyebabkan mereka menyerupai sosok manusia, akar mereka telah lama digunakan dalam ritual sihir, hari ini juga dalam agama-agama neopagan seperti Wicca dan kebangkitan Jerman agama seperti Odinism.

mandrake, mandragora officinarum, adalah tanaman yang disebut oleh luffâh Arab, atau el jin-beid ("telur jin itu"). Akar ubi berbentuk sering bercabang. akar ini memberi dari pada permukaan tanah yang roset dari bulat telur-oblong untuk bulat telur, keriput, garing, sinuate-dentate ke seluruh daun, 5-40 cm (2,0-16 di) panjang, agak mirip orang-orang dari tanaman tembakau . Sejumlah musim semi peduncles mengangguk satu-bunga dari bantalan leher bunga putih-hijau, hampir 5 cm (2,0 in) yang luas, yang menghasilkan bulat, segar, jeruk untuk buah merah, mirip tomat kecil, yang matang di akhir musim semi. Seluruh bagian dari tanaman mandrake beracun. Tanaman tumbuh native di Eropa selatan dan tengah dan di tanah-tanah di sekitar Laut Mediterania, serta di Corsica.


Dalam kitab Perjanjian Lama

Dalam Kejadian 30, Ruben, anak tertua dari Yakub dan Lea menemukan mandrakes di lapangan. Rachel, istri Yakub subur kedua dan adik Leah, adalah berkeinginan dari mandrakes dan barters dengan Leah bagi mereka. Perdagangan yang ditawarkan oleh Rachel untuk Leah menghabiskan malam berikutnya di tempat tidur Yakub dengan imbalan mandrakes Leah. Lea memberikan menjauh pabrik untuk adik tandus, tapi segera setelah ini (Kejadian 30:14-22), Leah, yang sebelumnya memiliki empat anak tetapi sudah subur untuk sementara panjang, sekali lagi hamil dan pada waktu melahirkan dua lagi anak, Isakhar dan Zebulon, dan seorang putri, Dinah. Hanya tahun setelah episode ini dia meminta untuk tidak mandrakes Rachel berhasil hamil. Ada tafsiran Yahudi klasik yang menyatakan bahwa mandrakes membantu wanita mandul untuk mengandung seorang anak sekalipun.

Mandrake dalam bahasa Ibrani adalah דודאים (dûdã'im), yang berarti "cinta tanaman". Di antara budaya Asia tertentu, diyakini untuk memastikan konsepsi. Kebanyakan penafsir yang] terus officinarum mandragora untuk? Menjadi tanaman dimaksud dalam Kejadian 30:14 ("tumbuhan cinta") dan Kidung Agung 7:13 (" yang mandrakes mengirimkan aroma mereka "). Sejumlah tanaman lainnya telah diusulkan seperti blackberry, Zizyphus Lotus, Sidr orang Arab, pisang, lily, jeruk, dan ara.

Perlu dicatat bahwa Sir Thomas Browne, dalam Pseudodoxia Epidemica, ch. VII, menunjukkan bahwa 'dudai'im' Kejadian 30:14 benar-benar opium poppy, karena dudai'im kata 'dapat dijadikan acuan untuk payudara wanita.

Magic, mantra, dan sihir

Menurut legenda, ketika akar adalah jeritan digali itu dan membunuh semua orang yang mendengarnya. Sastra mencakup arah kompleks untuk pemanenan akar mandrake yang di relatif aman. Sebagai contoh Josephus (c. 37 AD Yerusalem - c. 100) memberikan petunjuk berikut untuk menariknya ke atas:

galur A harus digali di sekitar akar sampai bagian bawahnya terkena, kemudian anjing yang terikat padanya, setelah mana orang tersebut mengikat anjing harus pergi. Anjing itu kemudian berusaha untuk mengikutinya, dan begitu mudah berhenti di akar, namun tiba-tiba mati bukan tuannya. Setelah akar ini dapat ditangani tanpa rasa takut.

Ambil dari Bab XVI, Sihir dan Mantra: Transendental Magic perusahaan Ajaran dan ritual oleh Eliphas Levi. Sebuah Terjemahan lengkap Dogme Rituel et de la Haute Magie oleh Arthur Edward Waite. 1896

kita akan menambahkan beberapa kata tentang mandragores (mandrakes) dan robot, yang beberapa penulis mengacaukan sihir dengan gambar seperti lilin; melayani keperluan pesona. The mandragore alam adalah akar berbentuk benang yang lebih atau kurang, menyajikan secara keseluruhan baik sosok seorang manusia, atau bahwa para anggota jantan. Hal ini sedikit narkotika, dan kebajikan aphrodisiacal dianggap datang dengan orang dahulu, yang mewakili sebagai yang dicari oleh ahli-ahli sihir Thessalian untuk komposisi philtres. Apakah ini sisa-sisa akar pusar asal darat kita? Kami berani menegaskan tidak serius, tapi semua sama dipastikan bahwa manusia keluar dari lendir di bumi, dan penampilan pertamanya pasti dalam bentuk sketsa kasar. Analogi alam ini membuat gagasan ini selalu dpt, setidaknya sebagai suatu kemungkinan. 

Orang-orang pertama, dalam hal ini, sebuah keluarga besar, mandragores sensitif, animasi oleh matahari, yang berakar diri dari bumi, asumsi ini bukan hanya tidak mengecualikan, tetapi sebaliknya, diduga positif, kreatif akan dan kerja sama operasi takdir-penyebab pertama, yang kita punya alasan untuk memanggil Tuhan. Beberapa alkemis, terkesan oleh gagasan ini, berspekulasi pada mandragore budaya, dan bereksperimen dalam reproduksi buatan dari tanah cukup subur dan matahari cukup aktif untuk humanise kata root, dan dengan demikian menciptakan manusia tanpa persetujuan wanita. 

(Lihat: Homunculus) Lain-lain, yang dianggap manusia sebagai sintesis dari binatang, putus asa tentang vitalising mandragore, tetapi mereka menyeberangi pasang mengerikan dan diproyeksikan benih manusia ke dalam dunia hewan, hanya untuk produksi kejahatan memalukan dan cacat tandus. 

Metode ketiga membuat android adalah dengan mesin galvanik. Salah satu automata ini hampir cerdas ini disebabkan Albertus Magnus, dan dikatakan bahwa St Thomas (Thomas Aquinas) dihancurkan dengan satu pukulan dari tongkat karena ia bingung dengan jawaban nya. Kisah ini adalah sebuah kiasan; android itu skolastik primitif, yang rusak oleh Summa St Thomas, sang inovator berani yang pertama diganti hukum mutlak alasan untuk keilahian sewenang-wenang, dengan merumuskan bahwa aksioma yang kita tidak dapat mengulangi terlalu sering, karena berasal dari master seperti: "Masalahnya adalah bukan hanya karena kehendak Allah, tetapi kehendak Allah itu karena hanya.

 The android nyata dan serius dari dahulu adalah sebuah rahasia yang mereka sembunyikan dari semua mata, dan Mesmer adalah yang pertama yang berani mengungkapkan hal itu; itu adalah perpanjangan dari kehendak ahli sihir ke tubuh lain, terorganisir dan dilayani oleh semangat dasar, dalam istilah yang lebih modern dan dipahami, itu adalah subjek magnetik.

Itu adalah cerita rakyat umum di beberapa negara yang mandrake yang hanya akan tumbuh di mana air mani seorang pria digantung telah menetes ke tanah; ini akan muncul untuk menjadi alasan untuk metode yang digunakan oleh para ahli alkimia yang "benih manusia diproyeksikan ke dalam bumi hewan" . Di Jerman, tanaman ini dikenal sebagai Alraune: novel (kemudian diadaptasi menjadi sebuah film) Alraune oleh Hanns Heinz Ewers didasarkan pada seorang wanita tanpa jiwa dikandung dari air mani seorang pria digantung itu, judul mengacu pada ini mitos asal-usul di Mandrake.

Berikut ini diambil dari "Paulus Kristen" hlm.. 402-403, Sejarah dan Praktek Sihir oleh Paul Kristen. 1963:

Apakah Anda ingin membuat mandragora, sekuat pria kecil homunculus (dalam botol) sehingga dipuji oleh Paracelsus? Kemudian menemukan akar tanaman yang disebut bryony. Ambillah dari tanah pada hari Senin (hari bulan), sedikit waktu setelah vernal equinox. Memotong ujung akar dan menguburkannya pada malam hari di beberapa gereja negara di kuburan orang mati. Selama tiga puluh hari air dengan susu sapi di mana tiga kelelawar telah tenggelam. Ketika hari tiga puluh satu tiba, mengambil akar di tengah malam dan kering dalam oven panas dengan cabang verbena; lalu bungkus dalam sepotong orang mati lembar berliku-dan membawanya ke mana-mana .


Artikel Terkait:

Read more at http://lenterablogger.blogspot.com/2012/05/cara-buat-artikel-terkait-scroll-bar.html#O8DI5OjM5JsWXsFK.99

Tidak ada komentar:

Posting Komentar