Jumat, 14 September 2012

Malam Ini, Potensi Asteroid Bakal Tabrak Bumi


detail berita


CALIFORNIA - Teleskop luar angkasa di Catalina Sky Arizona menemukan dua asteroid yang semakin mendekati bumi. Objek luar angkasa tersebut bernama 2012 QG42 dan 2012 QC8, yang pertama kali terlihat oleh teleskop Catalina Sky Arizona pada 26 Agustus 2012.

Dilansir Nationalgeographic, Jumat (14/9/2012), kedua asteroid tersebut kabarnya telah melaju menuju bumi dan bulan serta mencapai titik terdekatnya pada malam ini. Para ahli mengatakan, tepat 1:10 a.m Eastern Time (ET) pada 14 September 2012, QG42 akan melintasi bumi dengan jarak 7,5 kali lebih jauh ketimbang orbit bulan (sekira 1,7 juta mil atau 2,8 juta kilometer).

Menurut kalkulasi orbital, seperti yang diungkap Don Yeomans, manajer Near-Earth Object Program NASA di Jet Propulsion Laboratory, Pasadena, California, QG42 tidak menimbulkan bahaya bagi bumi, tetapi ini akan menjadi asteroid yang jaraknya paling dekat dengan bumi dalam kurun waktu seratus tahun terakhir. Bahkan, para ahli mengatakan ini bisa menjadi ancaman di masa depan.

"Ukuran asteroid ini diduga mampu menghantam bumi rata-rata setiap 40.000 tahun, dengan dampak energi sebesar 140 megaton TNT, ujar Don Yeomans. Ia mengatakan, hasil dari hantaman asteroid ini akan mampu menciptakan kawah berdiameter hingga 1,9 mil (3 kilometer).

Dalam beberapa jam ketika QG42 akan mendekat dan semakin bercahaya ke atmosfer bumi, para sky-watchers akan memerlukan sedikitnya teleskop 12 inci untuk memburu objek langka tersebut. Akan tetapi, bagi yang ingin melihat melalui internet, SLOOH yang merupakan layanan penelusur luar angkasa berbasis internet akan terus mengamati asteroid melalui bantuan teleskop robot di Canary Islands serta akan menyiarkan asteroid ini melalui website, yang dimulai pada 7 p.m. ET.

Asteroid QC8 memiliki lebar sekira 0,62 mil (1 kilometer) dan memiliki jarak terdekat dengan bumi sekira 5,4 juta mil (8,7 juta kilometer) atau 23 kali lipat jarak bulan dengan bumi. Lebar sebesar 625 sampai 1400 kaki, QG42 tergolong ukuran kecil, namun asteroid ini akan berada dekat dengan bumi, sehingga membuatnya dapat diamati secara langsung dari bumi. (fmh)


http://www.facebook.com/mobileprotection


Artikel Terkait:

Read more at http://lenterablogger.blogspot.com/2012/05/cara-buat-artikel-terkait-scroll-bar.html#O8DI5OjM5JsWXsFK.99

1 komentar:

  1. wah blognya berat bgt.
    berkunjung yuk ke blog ane,
    donlod film gratis
    http://filmmemoryrendah.weebly.com

    BalasHapus