Rabu, 05 September 2012

SEMBILAN MACAM ROH YANG ADA PADA MANUSIA


Assalamu 'Alaikum

Menurut Ilmu batin pada diri manusia terdapat Sembilan jenis ROH. Dan masing-masing mempunyai Fungsi sendiri-sendiri . kesembilan Roh macam Roh yang ada pada manusia itu adalah sebagai berikut :

1.ROH IDOFI ( ROH ILOFI ) :


 adalah roh yang sangat utama bagi manusia. Roh idofi juda disebut “Johar Awal Suci”. Karena Roh inilah maka manusia dapat hidup. Bila roh tersebut keluar dari raga, maka manusia akan mati. Roh ini sering disebut “NYAWA” . Roh Idofi merupaka sumber dari roh-roh lainnya. Kalau saja roh Idofi ini keluar dari raga manusia, pastilah roh-roh lainnya pun akan turut serta. Tetapi sebaliknya kalau salah satu roh dari roh yang delapan buah itu keluar, maka roh Idofi akan tetap tinggal. Dan manusia itu tetap masih hidup. Bagi mereka yang sudah sampai pada iradat Tuhan atau kebatinan tinggi, tentu akan menjumpai roh ini dengan penglihatannya.

 Dan wujudnya mirip diri sendiri, baik rupa, suara maupun segala sesuatunya. Bagaikan berdiri dicermin saja. Meskipun roh-roh yang lain juga demikian, tetapi kita dapat membedakan dengan roh yang satu ini. Alam nya roh Idofi berupa cahaya (nur) terang benderang dan rasanya sejuk tentram ( bukan dingin ). Tentu saja kita bisa menjumpainya bila sudah mencapai tinggkat “INSAN KAMIL”.


2.ROH RABBANI :


 roh inipun juga dikuasai dan diperintah oleh Roh Idofi. Alamnya roh ini ada didalam cahaya (nur) kuning diam tak bergerak.

3.ROH ROHANI :


 Roh rohani inipun juga dikuasai dan diperintah Roh Idofi. Karna roh ini maka manusia mempunya/memiliki dua rupa/kehendak. Kadang-kadang suka sesuatu, tetapi di lain waktu ia tidak menyukainya. Roh ini mempengaruhi perbuatan baik dan perbuata buruk. Roh inilah yang menempati


4 Jenis nafsu, yaitu : 


a.Nafsu Lumawah (Aluamah )
b.Nafsu Amarah
c.Nafsu Supiyah.
d.Nafsu Mulamah ( Mutmainah)

Roh ini sifatnya selalu mengikuti penglihata yang melihat. Dimana pandangan kita ditempatkan, disitu roh Rohani berada.

4.ROH NURANI :


 Roh Ini dibawah pengaruh Roh-roh Idofi. Roh Nurani ini mempunya Sifat terang. Karena adanya roh ini menjadikan manusia yang bersangkutan jadi terang hatinya. Kalau roh ini meninggalkan tubuh maka orang tersebut hatinya menjadi gelap dan gelap pikirannya.

5.ROH KUDUS ( Roh Suci ) :


 Roh yang yang diwah kekuasaan Roh Idofi juga. Roh ini mempengaruhi orang yang bersangkutan mau member pertolongan kepada sesame manusia atau tidak. Mempengaruhi berbuat kebajikan dan mempengaruhi berbuat ibadah sesuai kepercayaan yang dianutnya.


6.ROH RAHMANI :


 Roh Ini dibawah pengaruh Roh Idofi Pula. Roh ini disebut juga ROH PEMURAH. Karena diambil dari kata “Rahman” yang artinya pemurah. Roh ini mempengaruhi manusia bersifat social, suka memberi.

7.ROH JASMANI :


 Roh Ini dibawah pengaruh Roh Idofi Pula roh ini menguasai seluruh darah dan urat syaraf manusia. Karena adanya roh jasmani maka manusia dapat merasakan sakit,lesu, segar dan lain sebagainya. Bila roh ini keluar dari tubuh maka ditusuk jarumpun tubuh tidak terasa sakit. Wujudnya sama dengan kita, hanya saja berwarna merah.

8.ROH NABATI : 


Roh Ini dibawah pengaruh Roh Idofi Pula. Roh ini mengendalikan perkembangan dan pertumbuhan badan.

9.ROH HEWANI :


 ialah roh yang menjaga raga kita. Bila roh hewani keluar dari tubuh maka orang yang bersangkuta akan tidur. Bila kita sedang bermimpi maka Roh Hewani itulah yang menjumpainya. Jadi mimpi itu hasih kerja Roh Hewani yang mengendalikan otak manusia. Ini dibawah pengaruh Roh Idofi. Jadi kepergian Roh Hewani Kepergian dan kehadirannya diatur oleh roh Idofi.
::malu::::malu::::malu::

monggo kala ada yang minta penjelasan lebih lanjut...
kalau saya bisa jawab Insya Allah akan saya jawab.
kalau tidak, kita bahas bersama-sama.

Wassalam.

LAA HAULAA WALAA QUWWATAA ILLAA BILLAAH.


sumber
http://forumm.wgaul.com/archive/index.php/t-87655.html

Artikel Terkait:

Read more at http://lenterablogger.blogspot.com/2012/05/cara-buat-artikel-terkait-scroll-bar.html#O8DI5OjM5JsWXsFK.99

Tidak ada komentar:

Posting Komentar