Rabu, 18 Juli 2012

Mendandani Firefox Agar Lebih “Intelek”

firefox
Image from: aboutonlinetips.com

Firefox adalah salah satu internet browser handal yang popularitasnya kian menanjak. Selain karena kecepatannya, Firefox digemari karena banyak sekali Add-ons alias program-program kecil yang membuatnya lebih powerful. Kita dapat menambahkan Add-ons sesuka kita tergantung kebutuhan. Nah, buat kita yang bergelut dengan dunia science, beberapa add-ons berikut ini mesti ditambahkan untuk menambang ‘garang’ si Rubah Api alias Firefox. Dan yang bakal membuat kita kesengsem, semuanya free alias gratis


1. Eccellio Science




Eccellio Science adalah sebuah mesin pencari (search engine) yang memfokuskan pencarian pada situs-situs science. Add-ons ini berfungsi menambahkan opsi pencarian Eccellio Science pada kotak pencarian firefox yang biasanya ada di bagian kanan atas jendela browser. Add-ons ini sangat membantu pencarian untuk topik-topik riset.


2. i-cite




Pencarian online para life scientist bakalan lebih asyik berkat adanya i-cite. Add-ons ini akan menampilkan pencarian dari PubMed, EBI dan Google Scholar. Ke depannya i-cite akan memberikan fasilitas pencarian yang lebih spesifik seperti struktur protein, sekuen gen, hasil microarrays/PCR dan juga text mining.


3. Wired marker




Perlu menandai kata-kata atau kalimat penting pada suatu halaman web? Gunakan Wired Marker yang berfungsi layaknya highlighter pen (stabillo ^_^) yang akan menandai bagian teks secara permanen. Warnanya pun bermacam-macam, tinggal dipilih sesuai selera.


4. Firefox PDF Plugin for Mac OS X




Buat pengguna Mac, add-ons ini mesti dimiliki. Gunanya untuk menampilkan file-file PDF yang didownload dari internet secara langsung pada browser, lebih nyaman untuk browsing literatur/jurnal.


5. PDF Download




Buat pengguna windows tak perlu kecewa, ada PDF Download yang bisa menampilkan dokumen PDF di browser secara langsung.


6. Aspator




Hobi browsing literatur akan sangat terbantu oleh Aspator ini, tetapi saat ini terbatas pada literatur paten. Asparator memudahkan kita menjelajah dan membaca paten-paten dari website USPTO dan exp@cenet.


7. TimerFox




Jangan khawatir waktu inkubasi di lab terlewat gara-gara asik browsing, kita bisa memanfaatkan TimerFox untuk ngasih warning alias alarm layaknya jam weker atau stopwatch.


8. NoSquint




Membaca dokumen atau artikel secara langsung di suatu website kadang membuat mata lelah, apalagi jika ukuran hurufnya kecil. Dengan NoSquint ukuran teks, gambar maupun setting warna pada website dapat diatur agar nyaman dibaca. Pengaturan ini bisa diatur sama secara global atau berbeda untuk masing-masing situs.


9. Lab meeting




Add-on ini membantu kita mengakses labmeeting.com dengan mudah tanpa harus mengakses websitenya secara langsung, yaitu untuk mengumpulkan dan mengorganisir artikel jurnal yang kita temukan saat browsing. Tapi syaratnya kita harus punya akun terlebih dulu di labmeeting.com, gratis buat kita yang ada di dunia akademis atau institusi-institusi riset tertentu.


10. Twitterfox




Twitter kini semakin populer sebagai salah satu media social networking, fleksibilitas dan kemudahannya dalam penyebaran informasi membuat Twitter digemari banyak kalangan. Pejabat, politisi, selebritis, atlet, ilmuwan, net-marketer, semuanya keranjingan Twitter.


Belum punya akun Twitter? Jangan khawatir, buat saja di sini gratis. Kalau sudah punya, add-on Twitterfox bakal sangat membantu kita ber-twit ria, menyebarkan informasi dan mengupdate info dari pengguna Twitter lain yang kita ikuti (follow)


11. Molecular Biologist’s toolbar




Toolbar ini sebetulnya bukan add-on firefox seperti yang lainnya, tapi bisa diinstall di Firefox (atau IE). Sangat cocok buat kita yang berkecimpung dalam bidang Biologi Molekuler. Toolbar gratis dari Bitesizebio.com ini memiliki fasilitas pencarian dan tools yang sering digunakan para Molecular Biologist. Mau cari artikel di Pubmed, GoPubmed, Google Scholar, BioMed Central, Science Direct? Tinggal pilih. Ada juga tools untuk melakukan manipulasi sekuen DNA/protein, desain primer, plus widget-widget menarik lainnya.


Tertarik mencoba?
Begini caranya:


Langsung aja meluncur ke link-link yang diberikan di atas menggunakan browser Firefox.
Klik tombol “Add to Firefox”, ikuti petunjuknya
Klik “install” dan tunggu beberapa saat hingga add-on selesai didownload
Jangan lupa restart Firefox agar Add-on-nya berfungsi.
Kalau Anda menemukan add-on lain yang berguna dalam bidang scientific, silakan berbagi dengan SB-ers di kolom comment di bawah ini.


Sumber: Bitesizebio.com
http://sciencebiotech.net/topics/biointernet/

Artikel Terkait:

Read more at http://lenterablogger.blogspot.com/2012/05/cara-buat-artikel-terkait-scroll-bar.html#O8DI5OjM5JsWXsFK.99

Tidak ada komentar:

Posting Komentar