Selasa, 28 Agustus 2012

Cara Membuat Madu Palsu MADU


madu tebu 300x225 Cara Membuat Madu Palsu

Sebagian dari Pembaca mungkin heran, mengapa hutan tropis sebagai distributor madu mengeluarkan tulisan tentang cara membuat madu palsu. Apakah ini tidak akan menimbulkan kecurigaan dari konsumen kalau sebenarnya madu-madu yang di jual oleh hutan tropis bisa juga di palsukan.

Yang terjadi justru sebaliknya dengan mengetahui cara-cara pembuatan madu palsu serta ciri-cirinya maka akan kecil sekali kemungkinan hutan tropis akan mudah tertipu oleh para penjual madu palsu. sehingga madu yang di pasarkan oleh hutan tropis adalah benar-benar madu asli.

Madu adalah nektar atau eksudat gula dari tanaman yang dikumpulkan oleh lebah madu, diolah dan disimpan dalam sarang lebah apus millifera. Komponen utama dari madu adalah fruktosa, sedikit sakarosa, mineral, vitamin dan berbagai enzim. Madu dapat berfungsi sebagai penambah darah, membantu pertumbuhan, obat penyakit pencernaan, konstipasi serta dapat juga sebagai pelembab, lulur kulit dan antibiotik.

'
Komposisi lengkap madu antara lain air 25%, abu 25% dan 8% sukrosa. Nektar oleh enzim invertase lebah diubah menjadi fruktosa dan glukosa. Fruktosa dan glukosa merupakan penyusun 85%-95% karbohidrat madu. Mineral dalam madu antara lain fosfor, kalium, natrium, Fe, kalsium, sulfur, magnesium, mangan, silika dan tembaga yang biasa disebut total abu. Sedangkan vitamin pada madu adalah tiamin, riboflavin, biotin, asam askorbat, piridoksin, asam pantotenat. Enzim yang terdapat pada madu adalah amilase, glukosa oksidase, katalase, invertase, diastase, peroksidase, fosfatase asam dan proteolitik. Madu asli memutar bidang polarisasi kekiri (levotatory) alias fruktosa>glukosa.

Saat ini banyak sekali kasus pemalsuan madu. Hal tersebut dikarenakan nilai ekonomis madu yang tinggi, Ciri dari madu palsu adalah kadar sukrosa(gula pasir) yang tinggi sehingga sangat berbahaya bagi anak-anak dan penderita diabetes mellitus. Kadar sukrosa dalam madu berbeda dibeberapa negara berbeda-beda. Di Indonesia kadar maksimal sukrosa dalam madu 10%, jerman 5% dan swis 4%.

Berikut beberapa cara memalsukan madu :

Glukosa+fruktosa+gula pasir+buah+zat aromatis+zat warna.
29,40% gula pasir+40,8% gula invert+glukosa+fruktosa+0,1 garam mineral+ 29,2% air.
Menggunakan campuran sari buah.
Madu asli+madu campuran.

agar bisa membuat kuning telur jadi matang di campur dengan nenas
agar madu kelihatan kental maka di campur dengan bunga raya yang di peras atau dengan caramel.
untuk memberikan rasa manis alami maka airnya dipakai perasan air tebu.
Agar korek api bisa nyala pada madu palsu diberi campuran spritus.

Atau yang lebih canggihnya dengan menggunakan bahan berupa pemanis maltitol, air, vitamin C, bubuk madu, cita rasa madu,  karamel dan beta karoten.
Cara pasti mengidentifikasi madu palsu adalah rendahnya kadar enzim diestase bahkan ada yang sampai nol, serta kadar hidroksi metil furfural (HMF)lebih dari 240 mg/kg.

Jadi kesimpulan dari pembahasan ini adalah untuk mengidentifikasi pasti madu palsu adalah menggunakan tes laboratorium. Diharapkan pemerintah beserta jajarannya lebih memperketat peredaran madu palsu ini karena sangat berbahaya bagi kesehatan masyarakat.

sumber: dari berbagai
http://hutantropis.com/cara-membuat-madu-palsu


Artikel Terkait:

Read more at http://lenterablogger.blogspot.com/2012/05/cara-buat-artikel-terkait-scroll-bar.html#O8DI5OjM5JsWXsFK.99

Tidak ada komentar:

Posting Komentar