Jumat, 17 Agustus 2012

Cara Penanganan dan Pencegahan Sinusitis


Untuk menangani Sinusitis tentunya harus dipahami dulu jenis atau tempat terjadinya peradangan karena sinusitis bisa terjadi di tempat tertentu. Berikut ini adalah penjelasan yang harus anda pahami:

Sinus terdapat pada daerah kepala disebut dengan sinus paranasal yang artinya adalah rongga pada tulang yang berada pada sekitar nasal (hidung). Sedangkan sinusitis adalah peradangan yang terjadi pada sinus. Sinus paranasal terdiri dari:

• Sinus Frontal : terdapat di atas kedua mata, pada bagian keras dahi

• Sinus ethmoid : terletak di antara hidung dan mata

• Sinus Sphenoid : pada bagian tengah tulang tengkorak, dibawah kelenjar hipofisis

• Sinus maksila kanan dan kiri : di bawah kedua mata, pada tulang maksila






Sinus memiliki pertahanan melawan virus dan bakteri. Jika mengalami gangguan, maka dapat menyebabkan bakteri yang secara normal terdapat di dalam jalan napas masuk ke dalam sinus. Jika bakteri sudah berada di sana, maka kemudian dapat mengganggu sel yang melapisi dan menyebabkan infeksi pada sinus atau sinusitis. Beberapa gejala yang dapat timbul seperti ingus kental dan berbau, nyeri pada sinus, dan reffered pain (nyeri yang berasal dari tempat yang lain) yang bervariasi pada tiap sinus.

Sinusitis juga dapat terjadi karena adanya sumbatan seperti polip di dalam hidung. Karena jika ditemukan adanya sumbatan yang dapat mencetuskan terjadinya sinusitis, sebaiknya dilakukan operasi pengangkatan agar sinusitis tidak timbul berulang. Namun jika penyebabnya adalah infeksi saluran napas atas seperti batuk ataupun pilek dapat ditangani terlebih dahulu dengan pemberian antibiotik dan dekongestan.

Selain itu, sinusitis juga dapat dicetuskan dari alergi seperti bersin-bersin, maka dari itu jika memang Anda mengalami alergi, hindari lah kemungkinan penyebab alergi ( debu, udara dingin). Jika obat-obatan tidak memberikan perbaikan dan sinusitis menjadi menahun atau bahkan terjadi komplikasi pada organ/daerah sekitar sinus, maka dapat dilakukan operasi.

 Beberapa cara yang bisa Anda lakukan sebagai pencegahan adalah seperti hindari terjadinya infeksi pada saluran napas atas (pilek, batuk), hidrasi cukup dengan banyak minum, hindari hal-hal yang membuat Anda alergi (umumnya pasien sinusitis mengalami alergi seperti bersin-bersin). Konsultasikan dengan dokter THT mengenai penyebab dari sinusitis yang Anda alami dan kemungkinan pengobatan yang sesuai.

http://operasisinusitis.blogspot.com/


Artikel Terkait:

Read more at http://lenterablogger.blogspot.com/2012/05/cara-buat-artikel-terkait-scroll-bar.html#O8DI5OjM5JsWXsFK.99

Tidak ada komentar:

Posting Komentar